Tips & Harga : Produk Aluminium dan Kaca

4 Langkah mudah dalam memasang ACP (Aluminium Composit Panel)

ADSENSE HERE!
Kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang pernah di kerjakan yaitu tentang apa saja yang harus kita lakukan dalam memasang Aluminium Composit Panel alias ACP



Sebelumnya pasti para sobat semua sudah tau mengenai beberapa type ACP dan manfaatnya. Sobat bisa baca di ulasan saya sebelumnya mengenai Pasang Aluminium Composit Panel

Pemasangan ACP ( Covering ACP ) terdiri dari 4 Pekerjaan Utama, Nah apa saja tahapan yang harus di lakukan, mari kita ulas satu persatu :

1. Pekerjaan Persiapan

Langkah Awal pastinya kita harus mempersiapkan secara teknis dan non teknis pekerjaan tersebut. Pekerjaan non teknis antara lain seperti persiapan administrasi meliputi survey lokasi, gambar desain, rab, MC-0 dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting karena dari data tersebut kita dapat menyiapkan budget & material sebagaimana yang di butuhkan secara detail agar pekerjaan tidak terhambat ketika pekerjaan sedang berlangsung. 
Sedangkan persiapan secara  teknis meliputi mob demob alat, matrial dan pekerja, di samping itu kita juga harus mempersiapkan alat bantu untuk menunjang pekerjaan seperti scaffolding / steger.
Untuk persiapan material harus benar-benar teliti, terutama dalam pengadaan material ACP jangan sampai sobat salah dalam menentukan jumlah material yang dibutuhkan dan  kode warna nya. Karena kalo gak teliti bisa jadi waste (buangan) nya banyak...kan lumayan mahal harga ACP per lembar nya nanti bisa-bisa rugi hehehe...

2. Pekerjaan Rangka ACP

Dalam memenuhi pekerjaan Rangka ACP ini kita harus memperhatikan struktur yang dibutuhkan sesuai kondisi lokasi pekerjaan ataupun sesuai spek yang telah di tentukan.

Untuk lebih detail mengenai Rangka ACP  kita akan bahas pada postingan saya selanjutnya. 

Ulasan kali ini kita bahas mengenai Modul Rangka ACP standar seperti pemasangan ACP pada dinding. 

Maka matrial untuk modul standar ini antara lain :

- Hollow Besi Galvanis / Hollow Aluminium 
tergantung kebutuhan atau spek yang di tentukan.Kalo saya sih cenderung memakai hollow galvanis karena di samping harga nya relatif lebih murah dari hollow aluminium, cara merakitnya pun lebih mudah dan cepat bisa dengan cara di las ataupun menggunakan skrup bajaringan, selain itu dari segi kekuatan menurut saya lebih kuat....
Untuk Hollow ini yang sering saya gunakan ukuran 2x4 dan 4x4, ukuran 4x4 biasanya untuk tiang penyangga agar lebih kuat sedangkan yang 2x4 untuk ambangan.

- Braket Siku 
Braket siku ini untuk memperkuat dudukan Rangka Hollow, bisa di potong per 10 cm / 20 cm  atau sesuai kebutuhan saja, pengaplikasian nya bisa menggunakan dynabolt / skrup pasang besar + fiser untuk yang menempel di dinding, dan untuk yang menempel di rangka bisa di las atau di skrup.

Perakitan Rangka harus benar-benar akurat sesuai ukuran modul acp menurut sepsifikasi dan gambar teknis yang ada.
Untuk diketahui misalnya pada gambar ukuran modul acp 120 x 120 cm
maka perakitan rangka nya biasanya menggunakan ukuran as 118 x 118 cm ataupun tetap pada ukuran as 120 x 120 cm tergantung dari metode pemasangan nya. ( Untuk metode pemasangan ACP akan kita ulas pada postingan lain )

Nah kenapa rangka harus 118 x 118 cm???
Ya....karena ukuran lembaran acp standar nya 122 x 244 cm jadi bila kita kurangi dengan bendingan untuk kupingan 2 cm tiap tepinya berkisar antara 118 cm. Pada posisi rangka seperti ini setelah acp terpasang akan menyisakan jarak antar modul (nat) sekitar 1 cm untuk pemasangan skrup pada brasing acp & rangka. 

Untuk rangka menggunakan jarak as 120 x 120 cm biasanya akan menyisakan nat yang lebih besar, maka apabila dalam hal finishing bisa-bisa sealent nya boros dan dalam segi estetika juga kurang bagus kl nat nya terlalu lebar, terkecuali mungkin kalo memang pada bangunan-bangunan tinggi biasanya sengaja menampilkan nat yang lebar agar terlihat jelas tampak modul acp nya.


3. Pekerjaan ACP

Sekarang masuk dalam pekerjaan inti....
Lakukan pengukuran sesuai modul yang telah di tentukan. Modul biasanya di sesuaikan dengan rangka yang telah di buat.

Alat yang digunakan untuk fabrikasi acp ada berbagai jenis


hand router besar

hand router kecil



router cnc



Lakukan pemotongan atau pembuatan profil untuk bendingan sesuai dengan ukuran, apabila menggunakan handrouter kecil ukuran di tambah 4,5 cm sesuai as router nya.(contoh untuk membuat bendingan 2 cm maka ukuran untuk membuat profil menjadi 6,5 cm)


Setelah modul acp dibending kemudian tekuk bendingan tersebut agar kemudian di berikan braket aluminium, braket nya bisa pakai spigot atau stiffener. Profil spigot yang berbentuk siku aluminium sedangkan stiffener profilnya seperti angka 2




braket ini berfungsi untuk mengunci acp pada rangka dengan sistem skrup. Banyak nya braket yang di pasang tergantung ukuran modul acp, standarnya untuk modul ukuran kotak 118 x 118 cukup pasang braket tiap tepinya 2 buah atas dan bawah, jadi total 1 modul menggunakan 8 braket.
Proses selanjutnya tinggal kita pasangkan modul acp tersebut pada rangka yang telah kita buat. Untuk pemasangan nya tinggal kita skrup dari braket ke rangka, di sarankan pada pemasangan modul acp menggunakan benang agar lurus dari ujung ke ujung nya. Usahakan juga level tiap permukaan acp sama rata ( tidak ngesil ).




untuk pemasangan acp usahakan arah panah atau gambar yang ada pada proteksi sama arah nya, mungkin selain dari segi estetika ada yang beranggapan juga kalau sebagian acp ada gradasi warna nya.




4. Pekerjaan Finishing

Pekerjaan ini tahapan terakhir yang sangat menentukan juga dari segi estetika, jadi sobat harus benar-benar memilih tukang yang  sudah ahli dalam bidangnya terutama dalam menyilen ( bahasa proyek ). 
Peralatan & material yang di butuhkan antara lain:
- Sealent sebaiknya menggunakan sealent netral, dan pilih sesuai warna nat yang di butuhkan
- backup / karet busa spon berfungsi untuk mengganjal dasar nat agar sealent tidak terlalu boros, pilih warna backup yang tidak terlalu mempengaruhi ke warna sealent, misalkan warna sealent nya putih sebaiknya menggunakan backupnya juga putih. Backup ini selain untuk mengganjal nat di pakai juga untuk menarik dan meratakan sealent.
- lakban kertas fungsinya untuk membuat marking pada tepian nat agar sealent yang ditarik tidak meluber kemana-mana




Cara kerja:
- sobek sedikit proteksi acp yang ada pada tepian nat
- ganjal dasar nat antar acp dengan backup
- pasang lakban kertas pada tiap tepian nat sebagai marking
- kucurkan sealent pada celah permukaan nat yang telah diganjal backup tsb
- kemudian tarik dan ratakan sealent tersebut menggunakan tarikan backup
  usahakan satu tarikan agar hasil nya bagus
- setelah permukaan sealent nya rata langsung copot lakban kertasnya         
  sebelum sealentnya mengering
- Kemudian setelah yakin semuanya rapih sobat bisa membuka proteksi acp
  nya, usahakan setelah proteksi acp dilepas jangan memegang lagi permukaan
  acp karena akan terlihat kotor bekas tangan atau ceceran sealent.




Demikian tutorial untuk memasang ACP dari saya semoga bermanfaat.
Mohon maaf apabila masih banyak keterbatasan dan kekurangan nya, mohon koreksi dan masukan nya juga dari para ahli dan master ACP.

Best regards,
Ryanthony
Berkah Insani Mandiri

Berminat pasang ACP silahkan hubungi kami disini

Update pricelist harga disini



ADSENSE HERE!

18 comments:

  1. Nuhun bos sy lagi belajar trusin articlenya yg lengkap bos mudah mudahan jadi ilmu dan skill yg betmanfaat buat sy khususnya dan semua yang baca

    ReplyDelete
  2. makasih banyak ilmunya pak

    ReplyDelete
  3. Numpang promo gan.apabila agan agan butuh aplikator acp hub 0821.2016.3700.siap meluncur

    ReplyDelete
  4. Mohon informasi harga jasa tukang untuk pasang ACP per m2. makasih

    ReplyDelete
  5. promo bos, DISTRIBUTOR TUNGAL ACP MERK KOREA, LANGSUNG WA 087855388780

    ReplyDelete
  6. Trimakasih byk pak ilmunya, sangat bermanfaat, sukses terus dan berkah utk bapak

    ReplyDelete
  7. Trimakasih byk pak ilmunya, sangat bermanfaat, sukses terus dan berkah utk bapak

    ReplyDelete
  8. Kalau cara hitung harga permeternya gimana Gan,mksdnya meteranya

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Terima Kasih Atas Informasinya,sangat membantu banget

    ReplyDelete
  11. Butuh aplikator ACP bergaransi pemasangan...hub 087837894561..ongkos 100 m2...harga bisa menyesuaikan lokasi di lapangan

    ReplyDelete

Copyright © BERKAH INSANI MANDIRI. All rights reserved. Template by CB